Berkebun vanili skala rumahan

Mau bertani sebagai usaha sampingan tapi tidak punya lahan yang luas? Berkebun vanili skala rumahan aja guys..karena menanam vanili tidak memerlukan lahan yang luas ( untuk skala rumahan yaa )  kita cukup memanfaatkan halaman belakang,samping,depan dan atas juga boleh kalau memungkinkan he he.. eeitt tapi jangan salah menanam vanili skala rumahan hasilnya berani bersaing  dengan tanaman tahunan lainnya dengan luasan lahannya jauh lebih luas dengan kebun vanili skala rumahan.
Ga percaya? Awalnya saya juga ga percaya tapi setelah mendengar cerita teman saya beliau yang menanam vanili sebagai tanaman tungpang sari di sela-sela tanaman cengkeh katanya hasilnya hampir berbanding dengan hasil dari panen dari tananaman cengkeh itu sendiri apalagi kalau semua bunga yang mekar dikawinkan ( Vanili perlu tenaga manusia untuk peneyerbukan ) karena terpisahnya putik dan benang sari maka panili tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri, dan satu hal lagi penjarahan!!!! karena memanen vanili lebih mudah tinggal potong/petik buah yang sudah matang,berbeda dengan cengkeh perlu usaha lebih panjat dulu, trus metik dari dahan ke dahan ,lompat sana lompat sini he he. Jadi muncul pertanyaan di benak saya
Kenapa dijarah? Karena denger2 sich harga jual di tingkat pengepul per kilonya kisaran 250 -500 rb basah dan kering 2,5 -5,5 juta guys wooow..fantatis bukan?andai kita tanam 1 batang pohon vanili setelah kita rawat dengan baik sekitar 2-3 tahun kemudian kita akan panen tahun minimal 0,5 Kg vanili basah kalau kita jual dengan kisaran harga minimum aja 200 rb x 0,5 = 100 rb, bayangkan kalau kita tanam dipekarangan rumah atau media pot misalnya  25 sulur  batang vanili kalikan aja gan, 100 rb x 25 = 2,5 juta ,,dan bagaimana klau kita tanam lebih banyak? hitung  aja sendiri .. he he .
Kenapa bunganya tidak semuanya dikawinkan biar hasilnya maksimal? Jawaban karena jauh merupakan salah satu faktornya karena dari 24 jam waktu mekarnya bunga vanili, waktu yang baik untuk mengawinkan bunga vanili adalah pada pagi hari, setelah embun mengering hingga jam 11an siang (07.00 - 11.00) dan jam 14.00 - 16.00. Jadi praktis waktu yang baik untuk mengawinkan adalah sekitar 6 atau 7 jam saja 4 -10 pagi, dan  setelah itu bunga layu dan tidak jadi buah kalau tidak segera dikawinkan, ribet amat yaaa he he
Bukan hanya ribet tapi sakitnya tuch di sini.. kata cita citatamah..sudah jauh2 ngawinin, dan setelah berbuah dan siap panen eeeh dipanen orang, dasar penjahat cinta bertopengkan dewa.. ha ha jadi masalah kan?
Jadi solusinya berkebun vanili sekala rumahan aja guys dijamin aman dari penjarah ( paling dijarah anak bini  he he ) dan yang paling penting pemeliharaannya lebih mudah karena tentunya lebih dekat pasti terpantau perkembangannya dan satu lagi hemat bayar pekerja karena untuk skala rumahan kita dapat merawatnya sendiri, anda tertarik?
Untuk memulai berkebun vanili skala rumahan tentunya anda harus menyiapkan lahan atau media tanam.
Kalau dirumah kita masih ada pekarangan lebih bagus,karena kita bisa langsung menanam vanili ke tanah langsung, dengan menata dan memperkirakan berapa sulur yang akan kita tanam sesuai dengan kemampuan lahan yang kita punya, dengan jarak tanam 2x1 m.
Yang paling penting tanam aja dulu, dan biasanya muncul di benak agan-agan dimana cari bibitnya, gmana cara pemeliharaanya, apa pupuknya,gmana cara penyerbukannya, alaah  niat tamam aja dulu nanti kita cari sama2 di geogle, buanyak banget artikelnya. Karena yang saya lakukan juga demikian di halaman belakang rumah saya..alhamdulilah pertumbuhannya bagus tinggal nunggu berbunga, dan yang datang buat nanya 2 juga udah banyak dari bpk tetangga sebelah,RT,RW sampai dengan kelompok tani yang ijin foto-foto ga tau buat apa. Mungkin buat proposal kali yaa.. huss suudzon he he.
 Atau kalau agan mau sedikit bersabar tunggu aja artikel saya selanjutnya, karena sumpah ini artikel pertama saya , keliatkan  yaaa dari cara nulisnya yang acak-acakan.. ha ha..semoga bermanfaat.